Pages

Senin, 07 Juni 2010

Strategi bad debt atau collection overdue



Cashflow dalam bisnis merupakan aliran darah yang vital. Meskipun di pembukuan laba rugi anda ternyata sangat profitable bisa jadi cash di bank tidak positif.

Nah, salah satu penyebab yang sering mengganggu adalah bad debt, atau collection overdue. Sayangnya strategi penagihan ini jika tidak ditangani dengan sistematis akan memperburuk situasi.

Hari ini saya ingin membagikan tips cara mengatasi piutang tak tertagih.

1. Ask – Banyak orang takut dan ragu untuk meminta pembayaran secara langsung. Jangan ragu, mintalah giro atau cheque yang bisa diuangkan sebagai garansi.
2. Statement – Kirimkan statements, pernyataan hutang piutang dan nomor invoice yang jelas. Banyak perusahaan yang membutuhkan pernyataan seperti ini. Pernyataan juga berguna saat berhubungan dengan hukum
3. Know who – bangun hubungan baik dengan setiap orang yang mempengaruhi kecepatan pembayaran. Apakah anda kenal dan membina hubungan dengan finance manager, accounting manager, mungkin staff pelaksana? Sebanyak mungkin informasi yang bisa anda dapatkan akan sangat membantu anda menemukan jalan penyelesaian terbaik.
4. Pop in – Umumnya orang akan membayar jika pekerjaan selesai. Saat pekerjaan tuntas, ajak pelanggan anda melihat hasil kerja, memastikan menandatangani kesepakatan bahwa pekerjaan telah selesai dan minta jadwal pembayaran. Atau minta cheque segera
5. Ring at home – sangat mengganggu, namun sangat efektif. Menghubungi sang direktur dimalam hari dan mengejar pembayaran tidak disukai, anda boleh mencoba dan menghubungi secara konsisten.
6. Solicitors – gunakan perantara seperti pengacara, debt collector external.
7. Avoid emotion – marah tidak menyelesaikan masalah. Jangan sampai kehilangan kesabaran, kemarahan, kata-kata yang mengancam akan membuat suasana menjadi keruh.
8. Small claim – minta customer untuk menyerahkan jaminan aset, perlu waktu untuk mengklaim aset yang bisa diuangkan mengganti bad debt.
9. Garnishee order – artinya anda meminta surat pengadilan untuk meminta customernya customer anda membayar langsung kepada anda.
10. Why bother – jika piutang ini nilainya tidak signifikan, jangan membuat anda kehilangan fokus untuk hal-hal yang lebih besar. Write off small debt dan move on.

Saat melakukan penagihan:
• Pastikan data anda akurat
• Jaga sopan santun dan tetap objektif
• Jika memang ada masalah dengan produk anda, segera minta maaf dan perbaiki
• Jadi pendengar yang baik, bersimpati kepada pelanggan anda dan dengarkan keluhan mereka untuk menemukan penyebab keterlambatan.
• Jadilah realistis, tunjukkan welas asih jika alasan mereka tulus tidak dibuat-buat.

Semoga bermanfaat,

posting from Tom MC Ifle

Tidak ada komentar:

Posting Komentar