Pages

Selasa, 08 Juni 2010

Creating Magic

Ditulis oleh Lee Cockerell, Executive VP Operations, Walt Disney World. Ada kata-kata yang sangat menginspirasi saya adalah:

“It’s not the Magic that Makes it Work; It’s the Way We Work that Makes the Magic”
“Bukan Daya Magis yang membuat anda berhasil; Cara anda mencapai keberhasilan itu yang menciptakan daya Magis..”

Mengapa saya terinspirasi, ini mengingatkan saya pada sebuah acara namanya Banking With Celebrity, acara yang di adakan oleh BPR Gunung Rizki di Semarang pada tanggal 22 November 2009 lalu. Acara ini pertama dan satu-satunya menurut sepengetahuan saya dimana ada seorang selebriti kondang bernama Ari Lasso melayani nasabah BPR Gunung Rizki dengan penuh sukacita.

It's not the magic, but the way-nya yang menciptakan magic.

Apa yang istimewa?

Ketika saya melihat acara yang begitu meriah, extravaganza dan sangat rapi di selenggarakan, jadi tergelitik untuk mencari tahu, siapa yang mengatur jalannya acara. Nah, ini istimewanya, semua ternyata dilakukan oleh karyawan, tidak ada orang luar kecuali artis dan pengiring musik.

Wah, koq bisa?

Ternyata ada 10 prinsip yang secara tidak sadar di terapkan oleh karyawan Gunung Rizki ini:

1. Semua orang adalah orang penting. Libatkan semua orang
Leader BPR ini menerapkan yang saya sebut RAVE = Respect, Appreciate, Value Everyone. Ia sangat menghargai team hingga team sangat respek terhadap customer.

2. Menciptakan struktur organisasi berdasarkan Blue Print sukses, bukan sekedar tradisi. Menarik sekali ketika saya melihat pertumbuhan aset yang sangat menakjubkan, mulai dari 20 miliar hingga saat ini lebih dari 150 miliar dalam waktu 2 tahun.

3. Create Magic Through Training – Train for Excellence in the Job, the Train How to Exceed Customer Expectations in all Jobs.. ini kata-kata asli Lee Cockrel ketika seorang pengusaha muda bertanya bagaimana membangun team yang super seperti di Disney corporation.

4. Hilangkan Kekacauan – Perhatikan hal-hal kecil yang membahayakan bisnis anda.

5. Make Your People Your Brand – Nah, ini dia. Ternyata karyawan Gunung Rizki terkenal dengan motivasi dan dedikasi yang tinggi. Khususnya diantara bank dan BPR di Jawa tengah. Leadership ini mencerminkan betapa brand bukan hanya di ciptakan dengan cara marketing tapi juga dengan membangun wajah team yang ceria dan expresif.

6. Belajar untuk jujur. – Koq, creating magic pake jujur segala? Begini, jika anda tidak jujur, anda tidak belajar. Maka agar anda terus menerus bisa belajar bersiaplah untuk selalu jujur.

7. Bakar Semangat – bensin yang murah untuk membuat tim anda meledak sudah tersedia. Leader Gunung Rizki ini memahami agar semangat team menyala-nyala, ia menyalakan api apresiasi, penghargaan, dan dukungan yang akan membangkitkan gairah bekerja.

8. Menjadi yang terdepan dalam memberi nilai tambah – Memberi nilai tambah bukan hanya berupa diskon atau bunga tinggi. Berada di garda depan dengan mengutamakan pelayanan, budaya kerja, teknologi dan selalu mencari cara terbaik untuk melayani pelanggan.

9. Menjaga ucapan dan perbuatan. – Kata-kata sangat tajam, saya terinspirasi setiap kali mendengar pimpinan Gunung Rizki ini bicara. Ia memberi motivasi dengan menjaga dua prinsip: selalu berkata positif dan menjaga perilaku positif.

10. Membangun Karakter – Cocok dengan visi : Bank Berkarakter Yang Mensejahterakan masyarakat Indonesia. Yes, karakter inilah yang bisa membangun bangsa, baru kita bisa sejahtera.
Kalau ada waktu cari buku sensasional dari Lee; Creating Magic – 10 Common Sense Leadership Strategies from a Life at Disney

posting from Tom MC Ifle

Tidak ada komentar:

Posting Komentar