Pages

Senin, 07 Juni 2010

Jadi Coach ala Master Po

Masih ingat serial Kung Fu (1972-1975) serial televisi yang dibintangi David Carradine. Tokoh ini diciptakan oleh Ed Spielman, diarahkan dan diproduksi oleh Jerry Thorpe, dan dikembangkan oleh Herman Miller, yang juga seorang penulis untuk, dan co-produser, serial. Acara ini didahului dengan panjang penuh fitur TV pilot, ABC "Movie of the Week", yang disiarkan pada tahun 1972.

Kung Fu mengikuti petualangan seorang Shaolin biarawan , Kwai Chang Caine ketika ia mencari saudara tirinya, Danny Caine. Dari percakapan dengan gurunya Master Po, banyak sekali ilmu yang ternyata sangat filosofis dan menarik.

Bukan hanya itu, saya mendapat ide tentang mengapa Coaching merupakan ilmu yang sangat powerful. Banyak bertanya apa beda antara Coaching dan Mentoring.

Mentor atau konsultasikan - Anda adalah pakar. Coach adalah pelatih yang menggunakan “pertanyaan” untuk menggali potensi seseorang seperti Kungfu Master.

Master Po: [setelah dengan mudah mengalahkan anak laki-laki dalam pertempuran] Ha, ha, tidak pernah mengandaikan bahwa karena seorang pria tidak mempunyai mata ia tidak dapat melihat. Tutup mata Anda. Apa yang Anda dengar?

Caine: Saya mendengar air, aku mendengar burung-burung.

Master Po: Apakah Anda mendengar detak jantung Anda sendiri?

Caine: Ndak, tuh

Master Po: Apakah Anda mendengar belalang yang di kakimu?

Caine: [melihat ke bawah dan melihat serangga] Orang tua, bagaimana Anda mendengar hal-hal ini?

Master Po: Anak muda, bagaimana yang tidak?

Apakah lebih kuat untuk mengajukan pertanyaan atau memberikan jawaban?

Pelatih yang efektif - dan juga mentor yang efektif - perlu untuk memberikan merangsang pemikiran kedua pertanyaan dan Jawaban.

Namun mengajukan pertanyaan yang menyebabkan anda berpikir secara mendalam, menciptakan jawaban mereka percaya dan memotivasi mereka untuk bertindak atas ide-ide mereka.

Seorang pelatih akan membantu Anda tumbuh sebagai seorang manajer, pemimpin, pemilik bisnis jauh lebih mendalam daripada seorang konsultan.

Mengapa?

Secara sederhana seorang pelatih akan membantu Anda memahami pelajaran-sehingga ketika pelajaran yang sama atau mirip menampakkan diri dalam kehidupan bisnis Anda, Anda akan secara naluriah tahu bagaimana mengatasinya.

Akhirnya kutipan akhir dari David Carradine dalam serial "Kung Fu" ...

Caine: Saya tidak mencari tahu jawaban, tetapi untuk memahami pertanyaan-pertanyaan.

So, sebagai leader, business owners, managers, supervisors apakah anda sudah menggunakan pertanyaan efektif untuk memotivasi team anda?

posting from Tom MC Ifle

Tidak ada komentar:

Posting Komentar